Dasar Jaringan Komputer

Pengertian Jaringan Komputer

Jaringan komputer (jarkom) adalah sekumpulan lebih dari satu komputer dan beberapa perangkat lainnya yang saling terhubung sehingga memungkinkan untuk sharing data dan bertukar informasi, sharing devices, serta sharing berbagai sumber daya.

Manfaat Jaringan Komputer
Dengan adanya jaringan komputer memudahkan dan mempersingkat kita dalam bertukar informasi, bertukar data, berbagi sumber daya, seperti berbagi printer serta peripheral lainnya.

Kerugian Jaringan Komputer
Dengan terhubungnya ke dalam suatu jaringan komputer maka akan dihadapkan dengan permasalahan keamanan karena setiap komputer saling terhubung pada jaringan sehingga memungkinkan adanya virus yang dapat menginfeksi komputer-komputer yang ada dalam jaringan tersebut. Selain itu, keamanan data juga dapat terancam terkecuali pemilik data tersebut memberikan permission sehingga selain pemilik tidak dapat merubah data tersebut.

Jenis – Jenis Jaringan Komputer
Berdasarkan cakupan area, jarkom dibagi sebagai berikut :

1. Lokal Area Network (LAN)
Jaringan Local Area Network (LAN) merupakan jenis jaringan yang kecil, 2 komputer saja yang saling terhubung bisa disebut dengan LAN. Biasanya jaringan LAN banyak digunakan oleh Warnet, kantor, kampus, sekolah, rumah, gedung dan sebagainya.

2. Metropolitan Area Network (MAN)
Jaringan Metropolitan Area Network (MAN) merupakan gabungan dari jaringan LAN yang hanya satu gedung atau satu lokasi. Jaringan MAN ini meliputi transfer data berkecepatan tinggi antar kota, kampus, kantor cabang, gedung dengan gedung dan lain sebagainya.

3. Wide Area Network
Jaringan Wide Area Network (WAN) merupakan jaringan yang cukup besar karena jaringan jenis ini menggunakan beberapa router yang terhubung antara satu dengan yang lainnya, dan jika  menggunakan modem untuk koneksi internet maka sudah bisa dikatakan sebagai jaringan WAN. Jenis jaringan WAN ini meliputi koneksi antar wilayah kota, provinsi, bahkan dunia.

Semoga bermanfaat :-)
Tags : Networking, Jaringan Komputer, LAN, MAN, WAN, Manfaat Jaringan Komputer, Kerugian Jaringan Komputer



First


EmoticonEmoticon